MENGENAL ALAT-ALAT MUSIK PADA ORKESTRA PART 2

Posted by

Sesuai sama janji admin kemarin ya, mengenai pembahasan tentang alat-alat musik pada orkestra part 1 masih ada part 2 nya. Yuk mari kita bahas untuk selanjutnya. Sedikit mengingatkan kalau kita kemarin sudah membahas mengenai alat musik orkestra dari jenis chordophone, sekarang yang kita bahas adalah alat musik dari jenis idiophone, membranophone, dan aerophone.

* Idiophone
Idiophone adalah jenis alat musik yang sumber suaranya adalah badan alat musik itu sendiri. Ada berbagai macam cara memainkan alat musik ini, seperti digoyang-goyangkan, dipukul, ditepuk, dan lain-lain. Berikut adalah alat-alat musik pada orkestra yang tergolong dalam alat musik idiophone:

1. Cymbal (Simbal)

Alat musik yang telah dimainkan sejak zaman kuno ini, cara memainkannya adalah dengan cara dipukul. Cymbal terbuat dari bahan logam. Cymbal memiliki beberapa jenis, yaitu :





 * Cymbal Hit-Hat

Cymbal hit-hat adalah dua buah cymbal yang ditumpuk secara berhadapan dan dipasang pada tiang atau stand khusus dan dimainkan dengan cara menginjak pedal yang ada pada bagian bawah stand.








* Ride Cymbal


Ride cymbal mempunyai fungsi untuk menjaga tempo permainan. Ride cymbal merupakan cymbal paling tebal dalam drumset.






* Crash Cymbal

Crash cymbal memiliki pitch tinggi / volume rendah atau pendek.





* Cymbal China

Cymbal china merupakan cymbal yang paling tipis dan bentuknya seperti cymbal yang terbalik.






2. Marakas

Marakas adalah alat musik sederhana yang cara memainkannya yaitu dengan cara digoyang-goyangkan. Alat musik ini berasal dari Amerika Latin. Kualitas dan volume nada yang dihasilkan oleh marakas ini tergantung pada bahan dan ukurannya.







3. Gong

Gong adalah alat musik yang sering kali digunakan dalam pertunjukkan musik melayu tradisional. Gong terbuat dari bahan logam dan dimainkan dengan cara dipukul. Biasanya dalam memainkan gong, jari jemari ikut memegang gong tersebut. Hal ini bertujuan untuk meredam getaran pada gong dan untuk mengurangi volume suara denting yang dihasilkan gong.






4. Triangle

Triangle adalah alat musik yang berbentuk segitiga yang dimainkan dengan cara dipukul pada bagian sisinya dengan menggunakan stik. Triangle dibuat dari bahan logam, baja atau logam lain seperti tembaga. Nada atau bunyi yang dihasilkan triangle tergantung dari pemain yang memainkan alat musik ini, karena pada dasarnya triangle tidak memiliki tangga nada.



* Membranophone
Membranophone adalah jenis alat musik yang bunyinya berasal dari selaput atau kulit yang dibentangkan dengan kuat dan kencang pada salah satu sisinya. Alat musik jenis ini dimainkan dengan cara dipukul. Berikut adalah alat-alat musik pada orkestra yang tergolong dalam alat musik membranophone:

~ Perkusi

Perkusi adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul baik dengan tangan maupun dengan stik. Alat musik orkestra yang termasuk alat musik perkusi adalah:

1. Conga



Conga adalah alat musik yang berasal dari Afrika atau Kuba yang dimainkan dengan tangan. Conga berbentuk seperti barel dan dapat dimainkan dengan posisi duduk ataupun berdiri.







2. Jimbe / Djembe



Jimbe / Djembe adalah alat musik hasil kreasi orang di Sierra Leone, Afrika. Alat musik ini merupakan salah satu alat musik perkusi ritmik yang populer di dunia masa kini.





~ Low Drumsets

1. Tom Floor



Tom Floor adalah set drum yang diletakkan menggunakan stand atau kaki khusus drum (tom floor)









2. Bass Drum

Bass drum adalah bagian dari drum yang merupakan bagian yang sangat vital dari drum. Karena bass drum mempunyai fungsi sebagai penentu ketukan dalam bermain drum. Bass drum biasanya dimainkan dengan kaki kanan atau dimainkan dengan kedua kaki. Dalam memainkannya kita dibantu oleh sebuah pedal.




3. Snare Drum

Snare drum fungsinya hampir sama dengan bass drum, yaitu sebagai penentu ketukan dalam bermain drum. Pada snare drum terdapat bagian yang sangat penting yaitu snare wire atau stainer yang terdapat dibawah snare. Pada saat sisi atas snare drum dipukul maka stainer yang dirapatkan pada bawah snare akan berinteraksi yang menghasilkan bunyi yang sangat nyaring.


* Aerophone
Aerophone adalah alat musik yang sumber suara atau bunyinya berasal dari udara yang bergetar pada rongga alat musik tersebut yang dimainkan dengan cara ditiup atau dipompa.

1. Set Terompet

a. Saxophone
Saxophone merupakan alat musik tiup yang terbuat dari logam.

* Bass Saxophone

Bass saxophone mempunyai ciri khas pada bentuknya yaitu yang besar dan berat.










* Tenor Saxophone

Tenor Saxophone bentuknya lebih kecil dan berbentuk seperti huruf "J". Tenor Saxophone sering disebut saxophone jazz.










b. Terompet
Trompet adalah alat musik tiup logam. Terletak pada jajaran tertinggi di antara tuba, eufonium, trombon, sousafon, French horn, dan Bariton. Trompet di-pitch di B♭.
Trompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda.

 c. Flute

Flute merupakan salah satu instrument yang achievement-nya tidak dapat langsung diperoleh sebagaimana instrument-instrument lainnya. Selain itu, apabila tidak benar cara meniupnya, Flute tidak dapat berbunyi. Berbeda dengan Piano, Gitar, Electone, Saxophone, dan lain sebagainya yang apabila ditekan, dipetik, atau ditiup akan langsung mengeluarkan suara pada saat yang sama. 


Oke sobat rurimusik.com segitu aja ya mimin bagiin informasinya seputar alat musik orchestra semoga bermanfaat untuk menambah wawasan atau bisa juga untuk tugas-tugas sekolah ya.


Blog, Updated at: 23:24

0 komentar:

Post a Comment

Paid2YouTube.com