MENGENAL ALAT-ALAT MUSIK PADA ORKESTRA

Posted by

Orkestra adalah sekelompok musisi atau pemain alat musik yang memainkan alat musik secara bersamaan. Salah satu yang terlintas dalam pikiran kita saat melihat acara dengan menggunakan instrumen orkestra adalah kemewahan yang terpancar dari setiap alat musik yang sedang di mainkan. Alunan indah dari setiap lagu akan lebih terasa merdu saat musik mulai dilantunkan. Nah berbicara tentang orkestra itu sendiri, ada banyak sekali alat musik yang merupakan elemen dalam orkestra.

Orkestra terdiri dari beberapa jenis alat musik, yaitu chordophone, idiophone, membranophone, dan aerophone. Untuk lebih jelasnya yuk kita lebih jauh mengenai jenis dan alat-alat musik tersebut.
  • Chordophone
         Chordophone adalah jenis alat musik yang menghasilkan suara dengan cara menggetarkan string yang membentang di antara dua titik. Dan alat-alat musik chordophone yang umumnya dimainkan dalam orkestra antara lain:
1. Biola
   
Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola mempunyai empat senar yaitu G-D-A-E yang disetel berbeda antara senar satu dengan senar yang lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah adalah G. 



2. Violoncello
Violoncello atau yang lebih sering disebut cello adalah sebuah alat musik gesek dan merupakan anggota dari keluarga biola. Cello juga merupakan alat musik yang populer dalam banyak segi, sebagai instrumen tunggal, dalam musik kamar, dan juga sebagai fondasi dalam suara orkestra modern. Dan orang yang memainkan cello disebut cellis.






3. Gitar Akustik
Gitar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Gitar akustik adalah jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan memengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik.




4. Gitar Elektrik
Gitar elektrik adalah sejenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk mengubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus listrik yang akan dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan loud speaker. Suara gitar listrik yang dihasilkan dari getaran senar gitar yang mengenai kumparan yang ada di badan gitar yang biasa disebut pickup. Terkadang sinyal yang keluar dari pickup diubah secara elektronik dengan gitar effect sebagai reverb atau distorsi.


5. Bass Akustik

Bass akustik adalah gitar bass yang dimainkan tanpa dialiri listrik. Bentuk dari bass akustik ini umumnya hampir sama dengan gitar akustik tetapi terdapat perbedaan pada leher gitar yaitu leher gitar bass akustik lebih panjang dibandingkan leher gitar akustik.






6. Bass Elektrik

Bass elektrik adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (gitar elektrik biasanya memiliki enam senar). Bass elektrik memiliki nada satu oktaf lebih rendah dibandingkan dengan gitar elektrik.


7. Harpa

Harpa atau dalam bahasa Inggris disebut Harp merupakan jenis alat musik petik. Bentuknya tinggi, umumnya berwarna emas, dan memiliki senar. Biasanya berbentuk dasar segitiga. Harpa dapat dimainkan baik dengan tangan ataupun dengan tangan dan kaki, seperti yang ditemui pada pedal harpa. Harpa dapat dimainkan secara solo, atau bisa juga dalam bagian sebuah ensemble.




8. Piano

Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan cara menekan tuts-tuts yang ada pada papan alat musik tersebut. Pemain piano disebut pianis. Piano dibagi menjadi 2 yaitu piano klasik dan piano pop. Piano klasik pada umumnya mempelajari musik-musik gubahan era dahulu. Dan not-not yang ada pada piano klasik lebih sulit dan kompleks dari pada piano pop. Sedangkan piano pop biasanya dalam memainkannya pianis dituntut untuk berimprovisasi. 

9. Keyboard (Organ/Orgen)
Seperti hal nya piano, cara memainkan alat musik ini juga dengan cara menekan tuts-tuts yang terdapat pada papan. Keyboard memiliki keistimewaan karena dapat menghasilkan suara layaknya band, yaitu dapat mengeluarkan suara seperti drum, gitar, suling, dan lain sebagainya. Keyboard memiliki berbagai kunci-kunci yang ditekan dengan menggunakan tangan kiri pada saat memainkannya, sedangkan tangan kanan menekan tuts-tuts sesuai not yang dimainkan. 

Nah sekian dulu ya penjelasan mengenai alat musik pada orkestra, tapi masih ada part 2 nya. Selamat menantikan dan selamat bertemu pada episode berikutnya.... hihihi.....


Blog, Updated at: 14:37

0 komentar:

Post a Comment

Paid2YouTube.com