MENJAGA AGAR SPEAKER EXTERNAL PC/ LAPTOP TIDAK CEPAT RUSAK

Posted by

Selamat pagi ni sobat rurimusik sudah hampir seminggu ini admin nggak nulis artikel biasa kn sibuk dalam menyibukkan diri,hehehehe gimana nih kabar sobat? ya semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat ya. Oke langsung aja ya artikel kali ini sederhana aja untuk sobat yang suka mendengarkan musik di komputer atau laptop. 

Sobat pasti pernah mengalami kebosanan baik itu bekerja, bosan mikirin dunia yang kayak gini aja.hahahha nah biasanya kalau kita bosan kebanyakan dari sobat-sobat semua lebih memilih mendengarkan musik. Apalagi muterin lagu yang  disukai, biasanya setelah mendengarkan lagu kesukaan sobat, biasnya agak menjauh tu kebosannya. Tetapi banyak dari pada kita lalai dan tak menyayangi speaker external kita saking asyiknya kita tidak lagi menjaga kualitas suara speaker kita. Nah disini admin ingin berbagi tips bagaimana cara kita merawat agar speaker ekxternal yang kita pakai tidak mudah rusak, Ya walaupun banyak yang sudah mampu beli karena cendrung murah tapi jangan sampai speakernya rusak konyol karena keteledoran kita. kerusakannya biasanya terjadi yaitu sering bersuara gember, sering suara desisan (kayak ular aja), Ada juga yang rusak pada colokan penghubung pada soundcard PC dan speaker dan ada juga yang matot (mati total).. hehehe kerusakan ini banyak sebabnya loh,,, Ini ada beberapa tips yang bisa admin jabarkan.

Pertama dari jenis lagunya itu sendiri, bagi sobatnya yang daya tampung hardisknya kecil itu biasanya banyak menyimpan jenis-jenis lagu yang di convert dengan kulitas rendah ataupun juga memang hasil dari downloadnya yang kualitas rendah, nah dari jenis lagu inilah yang sering kita putar dapat merusak speaker kita, oleh karena itu udah gak jamannya lagi sob untuk mengconvert lagunya ampe ratusan Kilobyte standarnya sekarang yaitu 2MB-5MB dengan value seperti ini kualitas lagu akan bagus dan tidak merusak speaker sobat. Jika sobat masih memiliki hardisk yang tidak terlalu besar sebaiknya sobat simpan lagu-lagu kehobiannya aja dan memang dengan kualitas yang bagus.

Untuk yang kedua hindari full volume besar pada PC/Laptop anda, karena untuk speaker yang bermerk simbadda dan sejenisnya itu memiliki tahanan yang tidak sebesar speaker sungguhan, karena penggunaan ampernya juga kecil menyesuaikan tahanan speaker tersebut. Oleh karena untuk besarnya volume pada PC/Laptop itu setengah saja atau bisa juga berkisar 50-75%, dan pada software pemutarnya juga jangan terlalu full. Nah untuk volume pada speakernya tidak masalah jika harus di full kan.

Untuk yang ketiga terjadi kerusakan pada kabel/ colokan penghubung speaker dengan PC tersebut nah disini biasanya tidak diperhatikan betul oleh kita, colokan yang goyang biasanya sering membuat suara speaker seperti ada kresek-kresek nah jika kita diamkan saja maka hasilnya akan fatal oleh karena itu mantapkan dudukan colokan tersebut, sobat pilih lah colokan yang benar-benar pas. Kemudian pada kabelnya jangan di gulung sebaiknya sobat paskan saja ukuran/ jaraknya karena dengan cara menggulung kabel maka akan terjadi kerusakan pada tembaga yang ada didalam karet lilitan kabel tersebut dan lama-kelaman tembaga-tembaganya akan putus.

Yang keempat kebiasaan ceroboh lain adalah seringnya kita dalam on/off speaker dengan mencabut colokan power listrik langsung, padahal pada speaker tersebut sudah terdapat tombol on/offnya loh. kebiasaan malas tersebut dikarena letak tombolnya yang memang tidak sesuai keinginan kita memang ada saja tombol on./off berada di belakang speaker tersebut, tapi ini bukan menjadi alasan karena dengan cara kita mencabut langsung power speaker tersebut akan terjadi loncatan listrik mendadak dan itu bisa saja terjadi konsleting pada komponen speaker. 

Oke sobat ini saja yang bisa admin bagi informasi cara merawat speaker external PC/ Laptop, semoga bermanfaat, semua tips ini memang pengalaman dari admin sendiri. Jadi jika sobat ingin awet speaker externalnya mestinya kita harus pandai-pandai menggunakannya.


Blog, Updated at: 09:22

0 komentar:

Post a Comment

Paid2YouTube.com