MEMAKSIMALKAN POWER DAN DORONGAN PADA PRODUKSI SUARA

Posted by

Belajar teknik vocal tentu tidak gampang, banyak hal yang perlu kita perhatikan agar vocal atau suara yang kita produksi untuk bernyanyi memiliki teknik yang baik. Jika teknik suara kita sudah mempuni tentu lagu yang dinyanyikan akan terdengar indah. Nah pada bahasan kali ini admin hanya memberikan tips dari sebagian teknik vocal yaitu bagaimana kita mengoptimalkan power dan juga menghasilkan dorongan suara yang baik.

1. Power (Tenaga) dalam bernyanyi susah-susah gampang. Memaksimalkan power suara bukan dengan cara menjerit-menjerit atau mengeraskan suara, karena cara ini adalah cara yang salah orang yang mempraktekan cara bernyanyinya dengan menjerit tidak akan sanggup membawakan lebih dari satu lagu (akan terasa sakit pada kerongkongan). Power disini dalam artian adalah bagaimana suara yang dihasilkan atau dikeluarkan dengan cara memaksimalkan pernpafasan diafragmanya dan outputnya adalah dengan cara membuka rongga mulut bukan membuka mulut. Penyanyi yang memilki power yang baik adalah suara yang dihasilkannya dominan besar walupun dia bernyanyi dengan nada yang rendah. Untuk melatih power ini adalah tentunya kembali lagi mereka harus memilki pernafasan yang baik, oleh karena itu latihlah pernafasan sampai benar-benar bagus dan memenuhi syarat untuk bernyanyi.

2. Dorongan Suara ini lain lagi halnya dengan power, dorongan disini adalah bagaimana suara yang sudah di produksi dengan baik oleh power di teruskan oleh dorongan suara. Dorongan suara ini bisa memanfaatkan rongga mulut untuk mendorong suara yang di produksi agar bisa maksimal. Fungsi lainnya adalah agar suara yang dikeluarkan cukup panjang, kembali disini admin mengingatkan janganlah bernyanyi dengan terlalu membuka mulut lebar-lebar karena cara ini tidak juga membesarkan volume suara. 

Nah kesimpulan dari kedua teknik vocal diatas intinya sama, hanya saja tempatnya saja yang berbeda untuk power dihasilkan dari pernafasan yang baik atau tekanan udara yang berkumpul di diafgrama dan di teruskan ke rongga mulut, sedangkan dorongan suara adalah letaknya berada di rongga mulut yang fungsinya meneruskan dan memaksimalkan produksi suara yang telah di input dari diafragama.

Ya mungkin ini saja tips-tips teknik vocal yang saya bisa berikan kepada sobat rurimusik.com mudah-mudah2an bermanfaat jika terdapat kekeliruan dari tulisan ini saya juga masih dalam tahap belajar koq.


Blog, Updated at: 13:23

0 komentar:

Post a Comment

Paid2YouTube.com