PENGAMEN JALANAN YANG SUKSES MENJADI BINTANG

Posted by

Menjadi seorang artis besar yang bersinar di kanca hiburan tanah air merupakan impian setiap orang, namun banyak sekali diantara mereka yang belum mendapatkan kesempatan untuk mewujudkannya. Banyak faktor yang menyebabkan mereka belum mendapatkan kesempatan tersebut. Salah satunya adalah tidak adanya fasilitas atau dana untuk mendukung keinginan serta talenta yang mereka miliki. Untuk mengatasi itu banyak dari mereka yang mau tidak mau memilih menjadi pengamen. Selain untuk memenuhi kebutuhan mereka, juga untuk menyalurkan bakat yang mereka miliki tersebut.
Dan tidak sedikit dari para pengamen tersebut yang akhirnya dapat meraih kesuksesan hingga kini menjadi seorang penyanyi yang terkenal. Diantaranya adalah:
1.    Tegar Septian
Tegar Septian adalah seorang pengamen cilik yang kini telah menjelma menjadi seorang bintang besar. Dulu ia mengamen di sekitar Subang, Kopo, dan Cikampek. Ia terpaksa menjadi seorang pengamen  untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarganya, karena ia berasal dari keluarga yang serba kekurangan. Ayah tirinya hanyalah seorang buruh lepas. Anak dari pasangan Ratna dan Haris ini mempunyai suara yang khas, yaitu agak mendayu dan cenderung bergenre pop melayu. Tegar yang lahir di Pemalang, 19 September 2001 ini belajar menyanyi saat usia 4 tahun dan ia mulai menjadi pengamen sejak usia 7 tahun. Anak pertama dari 4 bersaudara ini mewarisi bakat menyanyi dari sang ibu yang dulunya adalah seorang sinden bahkan ibunya juga dulu adalah seorang pengamen yang biasa mengamen di kereta sekitar Jawa dan Jakarta. Tegar akhirnya meraih kesuksesan berkat video youtube-nya yang diunggah oleh seorang mahasiswa pada tanggal 23 Mei 2012. Video tersebut kini telah dilihat lebih kurang sekitar 6,6 juta kali. Setelah video tersebut meraih kesuksesan, Tegar mencoba peruntungannya dengan mengikuti salah satu lomba menyanyi dan menjadi pemenangnya. Ia pun berkesempatan berduet dan mengeluarkan single bersama  band Netral. Tidak hanya itu ia pun kini pernah berduet dengan Setia Band, Noah, Delima, Wali, dan masih banyak lagi serta ia telah mengeluarkan single yang berjudul “Aku Yang Dulu Bukanlah Yang Sekarang” (2013) dan “Rindu Ibu” (2013).

2.    Januarisman Runtuwene
Januarisman Runtuwene atau yang lebih dikenal dengan Aris Idol adalah seorang penyanyi yang juga pernah menjalani profesi sebagai pengamen jalanan. Ia pun terpaksa menjadi pengamen juga karena tuntutan ekonomi. Pria kelahiran Jakarta, 25 Januari 1985 ini biasa mengamen di kereta listrik Jabotabek dan Terminal Kampung Melayu. Anak dari pasangan Silop Runtuwene dan Siti Rohaya ini kemudian mengikuti sebuah ajang pencarian bakat yang kini telah membesarkan namanya. Pada awalnya ia tidak diberikan izin oleh sang istri, Rosillia Octo Fany namun dengan tekad dan kemauan yang keras ia pun berhasil membuktikannya dan akhirnya keluar sebagai juara di ajang tersebut.

3.    Charly Van Houten
Dibalik kesuksesan yang diraihnya saat ini, tersimpan cerita tentang perjalanan kariernya. Pria kelahiran Cirebon, 5 November 1982 ini pergi meninggalkan daerah kelahirannya untuk mengambil kuliah jurusan seni musik di Universitas Pasundan Bandung. Untuk memenuhi kebutuhannya selama di Bandung ia harus memutar otak agar dapat mencukupi hal itu. Lalu ia memutuskan untuk menjadi pengamen di perempatan jalan Dago. Seiring berjalannya waktu, charly pun menjadi vokalis sebuah band yaitu Afterclose, lalu ia pun hengkang dari band tersebut dan bergabung dengan ST12. Setelah kurang lebih 7 tahun meraih kesuksesan bersama ST12, suami dari Regina ini pun kembali hengkang dari bandnya bersama rekannya Pepeng. Dan kembali membentuk sebuah band yang tak kalah suksesnya yaitu Setia Band, dengan personel Charly, Pepeng dan Alya.

4.    Klantink
Klantink adalah grup musik asal Surabaya yang mempunyai keunikan tersendiri. Mereka membawakan musik berirama keroncong yang di padupadankan dengan lagu berirama musik lain. Klantink sendiri terbentuk pada tahun 2005. Nama Klantink diambil dari nama jajanan pasar khas daerah Jawa Tengah. Klantink mengawali kariernya dengan menjadi pengamen diterminal Joyoboyo, Surabaya. Mereka bukan sembarangan pengamen jalanan, Klantink berada dibawah naungan Komunitas Pengamen Jalanan (KPJ) di Surabaya. Komunitas tersebut diketuai oleh Bokir Surogenggong atau yang lebih akrab disapa Cak Bokir. Grup musik yang terdiri dari 5 personel yaitu Wawan, Budi, Lukin, Ndoweh, dan Cak Mat ini muncul di Radio Suzzana untuk mengikuti lomba via telepon dan meraih juara 3 pada tahun 2007. Lalu Klantik mengikuti sebuah ajang pencarian bakat bergengsi di salah satu stasiun Tv swasta pada tahun 2010. Berkat perjuangan keras serta kreatifitas yang mereka miliki, mereka akhirnya dapat keluar sebagai pemenang di ajang tersebut. Menurut mereka dan Cak Bokir, kehidupan mereka yang terbiasa di jalanan membuat mereka secara tidak langsung mempunyai kekuatan tersendiri untuk menghadapi kerasnya persaingan di dunia hiburan tanah air.
            Nah itu sebagian contoh para pengamen jalanan yang berhasil sukses di Industri hiburan tanah air. Untuk kalian yang sedang merintis karier di bidang musik atau pun para pengamen, jangan pernah malu dengan profesi yang sedang kalian jalani saat ini. Karena bisa saja dengan menjadi pengamen atau bernyanyi di kafe dan tempat umum lainnya merupakan awal dari kesuksesan kalian. Jika ingin menjadi penyanyi terkenal seperti mereka jangan pernah berhenti belajar, berusaha, dan berdoa. Jalani dengan keikhlasan, perbanyaklah pengalaman, dan tebalkan iman sebagai bekal menuju kesuksesan.
Semoga bermanfaat..........


Blog, Updated at: 06:10

0 komentar:

Post a Comment

Paid2YouTube.com