MENGENAL DAN BELAJAR BEATBOX

Posted by

http://rurimusik.blogspot.com/2014/04/mengenal-dan-belajar-beatbox.html
Pernah mendengar musik beatbox? Kalau kita melihat pertunjukan beatbox atau seorang beatboxer atau pemain  beatbox, pasti kita sangat tertarik dan mulai penasaran dengan musik tersebut. Tanpa satupun alat musik tapi menghasilkan suara yang benar-benar mirip alat musik aslinya. Sebelum membahas lebih jauh, kita kenali dulu apa itu beatbox. Musik beatbox adalah musik yang dihasilkan melalui alat-alat ucap manusia yaitu mulut, bibir, lidah, dan rongga-rongga ucap lainnya. Seorang beatboxer profesional tentu saja dapat menirukan suara-suara dari berbagai alat musik contohnya drum. Beatbox sendiri sering dikaitkan dengan budaya serta musik hip hop. Kalian tahu hip hop?. Hip Hop adalah kebudayaan yang mulai tumbuh dan dikembangkan oleh masyarakat Afro Amerika dan Latin Amerika pada tahun 1970an. Hip hop itu sendiri merupakan perpaduan beberapa elemen seperti MCing (rapping), DJing, breakdance, graffiti, dan kini beatbox yang bergabung menjadi satu.
            Awal mula tersebarnya musik beatbox ke seluruh dunia adalah pada tahun 1990-an. Namun pertandingan bagi para beatboxer seluruh dunia baru diadakan pada tahun 2005. Pertandingan ini diikuti oleh berbagai beatboxer di seluruh dunia. Dan akhirnya pertandingan ini dimenangkan oleh beatboxer asal Australia yaitu Joel Turner, sedangkan di posisi runner up dimenangkan oleh Roxorloop asal Belgia. Di tahun 2009 pertandingan beatbox kembali diselenggarakan di Berlin, Jerman. Pertandingan ke-2 ini diselenggarakan oleh petinggi Beatbox Battle, Bee Low. Di akhir pertandingan, Zede asal Swiss keluar sebagai pemenang.  Masih di Berlin, pertandingan ke-3 pun diselenggarakan. Dan untuk pertama kalinya Indonesia mengikuti pertandingan ini. Billy BdaBX adalah salah satu peserta asal Indonesia. Namun di pertandingan ini ia belum dipercaya untuk menjadi pemenang, karena pertandingan ini dimenangkan oleh Skiller dari Bulgaria. Dan di posisi runner up diraih oleh Alem dari Perancis.
            Mengenai perkembangan  beatbox di Indonesia sendiri dibawa oleh dua beatboxer asal Indonesia. Mereka adalah Tito a.k.a titz fade 2 black dan Billy BdaBX. Mereka mempunyai andil besar dalam musik ini bagi Indonesia. Tito mempelajari beatbox secara otodidak, ia pun belajar melalui media youtube.  Pada tahun 2007, ia mulai mencari partner beatbox, dan partner tersebut adalah Billy BdaBX. Sama juga dengan Tito, Billy pun mempelajari beatbox melalui video youtube secara otodidak pada tahun 2004-2005. Ia dan tito mendirikan  JBC (Jakarta beatboxing communitty), sekarang menjadi Indobeatbox. Menurut Billy, beatbox adalah seni yang murah namun tidak murahan, karena menurutnya kita tidak perlu membeli alat musik yang mahal tapi musik ini sendiri adalah musik kelas dunia. Prestasi Billy sebagai beatboxer sudah tidak diragukan lagi, beberapa diantaranya adalah sebagai pengisi acara ajang musik bergengsi yaitu Java Jazz Festival 2010, menjadi perwakilan komunitas Indobeatbox untuk perform di Block Party Eslanade – Singapura pada Agustus 2010, serta menjadi beatboxer tetap di acara talkshow “Hitam Putih” di Trans 7.
            Untuk mempelajari beatbox, kalian harus mengetahui nada dasar yang ada pada jenis musik ini. Nada dasar tersebut adalah bass drum atau kick drum, hit-hat dan snare drum. Bass drum adalah  nada dasar paling rendah, cara menghasilkan suara bass drum adalah dengan mengucapkan kata “beuh” secara berulang, lalu ucapkan kata “buff” atau “beuf”. Selanjutnya hit-hat, untuk mendapatkan suara ini kalian dapat mengucapkan kata “ cest” berulang-ulang. Yang terakhir adalah snare drum, nada ini merupakan nada tersulit dalam musik beatbox. Untuk mendapatkan suara ini kalian harus mengucapkan kata “ksh” dengan cara seakan menyedot kata tersebut, bukan meniup keluar. Selain mengetahui ketiga nada dasar tersebut, untuk mempelajari beatbox kalian harus banyak mempelajari video-video para beatboxer seperti yang pernah dilakukan oleh Tito dan Billy. Dan jika kalian serius mempelajarinya, kalian dapat bergabung dengan komunitas-komunitas beatbox di Indonesia ini. Yang terpenting adalah tetap berusaha dan banyaklah belajar. Karena tidak ada salahnya mempelajari musik asing untuk menambah pengetahuan namun tidak melupakan musik serta budaya asli Indonesia. Siapa tau bakat kalian ada disitu?. Selamat belajar... semoga bermanfaat.


Blog, Updated at: 22:41

0 komentar:

Post a Comment

Paid2YouTube.com